MEMBERI PENJELASAN : Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi,MARS (baju batik) menjelaskan kepada pasien tentang cara penggunaan Anjungan Pendaftaran Mandiri.

Bersempena dengan HUT yang ke-42 pada hari Kamis tanggal 24 Mei 2018 lalu, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau melaunching sekaligus ujicoba sebuah inovasi baru dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM). Anjungan Pendaftaran Mandiri merupakan sebuah mesin berbentuk seperti ATM yang memungkinkan pasien umum maupun pasien BPJS yang telah terdata (pernah berobat di RSUD Arifin Achmad sebelumnya) untuk melakukan pendaftaran dan menerima Surat Elegibilitas Pasien (SEP) tanpa harus melewati loket pendaftaran. Dengan adanya APM ini diharapkan bisa memangkas antrean pendaftaran yang biasanya 1 hingga 2 jam hingga menjadi 5 menit. Launching ini sekaligus ujicoba dipimpin langsung oleh Direktur RSUD Arifin Achmad dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS beserta jajaran dan disaksikan langsung Ketua Dewan Pengawas RSUD Arifin Achmad Prof. Dr. H. Muchtar Ahmad, M.Sc di Ruang Tunggu Pendaftaran.
Pada kesempatan tersebut Ketua Dewan Pengawas dalam sambutannya berpesan agar inovasi seperti ini harus terus dilakukan sebagai bentuk pembenahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Kemudian, Direktur dalam sambutannya mengungkapkan saat ini ujicoba dilakukan terhadap 4 mesin APM sekaligus yang berlokasi di Ruang tunggu pendaftaran. Namun, dalam 2 minggu kedepan akan ditambah 4 APM lagi. Dalam pengembangan kedepannya, tidak menutup kemungkinan pasien akan bisa mendaftar dari rumah. Selain itu, Direktur menambahkan saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sedang melakukan pengembangan inovasi untuk mengurangi antrean di apotek yaitu pasien dapat meninggalkan nomor HP, apabila obat telah selesai pasien akan menerima sms untuk membayar dan mengambil obatnya. Diakhir sambutan, Direktur menekankan bahwa semua ini tidak terlepas dari komitmen Pemerintah Provinsi Riau dalam membenahi pelayanan publik khususnya di rumah sakit. Oleh karena itu, peran masyarakat sangat diharapkan dan mempersilahkan mengkritik guna upaya perbaikan pelayanan khususnya tentang inovasi APM yang sedang di uji cobakan ini.



Leave a reply