Kajian Dhuha di Masjid Al-Mustasyfa RSUD Arifin Achmad, pada Jumat (19/10/2018), kali ini mengangkat judul “Sombong adalah Penyakit Hati” yang disampaikan oleh Ustadz Masriadi Hasan.

Kajian ini merupakan lanjutan pada ceramah sebelumnya dengan judul “Ciri-ciri Hati yang Keras”. Ustadz Masriadi mengatakan, sombong adalah sifat setan.

“Kita tidak boleh sombong karena saat kita lahir kita tidak punya kekuasaan apa-apa. Kita tidak punya kekayaan apa-apa. Bahkan pakaian pun tidak,” kata Ustadz.

Sebagai “makhluk berkesadaran”, manusia tentu memiliki¬†insting-insting seperti hasrat untuk menang, keinginan untuk memiliki kuasa, hawa nafsu, dan lainnya.

Karena ia berkesadaran, terdapat aspek-aspek lain yang membangun kesadarannya, yaitu hati dan akal. Namun jika insting-insting tadi lebih tinggi, maka akan timbullah sifat sombong.

Sombong adalah “penyakit hati” yang berbahaya. Sombong adalah memandang dirinya berada di atas kebenaran dan merasa lebih di atas orang lain. Orang yang sombong merasa dirinya sempurna dan memandang dirinya berada di atas orang lain. *

 

 



Leave a reply