Tim media RSUD

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.,

Atas berkah dan rahmat Allah SWT, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau telah berkembang menjadi Rumah Sakit kebanggaan bagi masyarakat di Provinsi Riau.

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau di Pekanbaru adalah Rumah Sakit Tipe B Pendidikan, merupakan institusi pemerintah Provinsi Riau yang mempunyai tugas dan fungsi mencakup upaya pelayanan kesehatan perorangan, pusat rujukan dan pembina Rumah Sakit Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau serta merupakan tempat pendidikan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau dan Institusi Pendidikan Kesehatan lainnya.

Rumah Sakit Arifin Achmad diresmikan pada tahun 1976 dengan nama Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Pekanbaru. Pada tahun 1993, statusnya meningkat dari RS Kelas C menjadi RS Kelas B Non Pendidikan dan berganti nama menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pekanbaru. Pada tahun 1999, RS ditingkatkan kelasnya menjadi RS Kelas B Pendidikan, dan pada tanggal 09 Agustus 2005, RSUD Pekanbaru berganti nama menjadi RSUD Arifin Achmad dengan kapasitas 370 tempat tidur.

Pada tahun 2009, RSUD Arifin Achmad menambah kapasitas rawat inap dari 370 tempat tidur menjadi 543 tempat tidur. Seiring dengan melonjaknya jumlah pasien kelas III dimana sebagian besar adalah pasien miskin (Masyarakat Miskin) yang memperoleh Jaminan Kesehatan dari Pemerintah, pada tahun 2012 telah dimulai pembangunan Gedung Rawat Inap 5 lantai dengan kapasitas 400 tempat tidur yang ditujukan khusus untuk melayani Pasien kelas III dan pasien miskin. Apabila pembangunan gedung rawat inap kelas III ini telah selesai, RSUD Arifin Achmad akan memiliki lebih dari 950 tempat tidur pasien.

RSUD Arifin Achmad juga telah dilengkapi dengan fasilitas Gedung Diagnostik Terpadu dan sedang membangun gedung Bedah Sentral Terpadu yang memiliki 25 kamar operasi dalam bangunan 5 lantai. Keberadaan fasilitas-fasilitas terbaik tersebut akan mendukung RSUD Arifin Achmad sebagai pusat rujukan dan menjadi rumah sakit dengan Instalasi Bedah Sentral Terpadu yang terbesar di wilayah Sumatera.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor 305/II/2010, RSUD Arifin Achmad telah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Tanggal 25 Februari 2010. Peningkatan status menjadi Badan Layanan Umum Daerah mewajibkan RSUD Arifin Achmad untuk selalu meningkatkan standar pelayanan.

Amanah tersebut telah kami upayakan secara optimal, hal ini dibuktikan dengan beberapa penghargaan dan sertifikasi yang diterima oleh RSUD Arifin Achmad, antara lain: Sertifikasi ISO 9001:2000 untuk Pelayanan Instalasi Rawat Darurat, Sertifikasi ISO 9001 :2008 untuk Pelayanan Rawat Jalan, Sertifikasi ISO 9001:2008 untuk Pelayanan Manajemen, dan Sertifikasi Akreditasi untuk 16 Pelayanan Tingkat Penuh.

Sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah sistem manajemen yang memberikan jaminan bahwa proses-proses didalamnya memenuhi kriteria mutu yang ditetapkan dan selalu melakukan tindakan perbaikan yang berkesinambungan untuk lebih fokus kepada kepuasan pelanggan dan upaya agar tercapai manajemen mutu yang akuntabel, transparan, berkeadilan, dan memenuhi harapan masyarakat.

Melalui portal informasi/website ini, kami berharap masyarakat dapat mengenal lebih jauh profil dan perkembangan rumah sakit yang kita cintai ini.

Kami akan terus berusaha menjadikan RSUD Arifin Achmad menjadi rumah sakit yang mampu memenuhi harapan masyarakat dan menjadi pilihan bantuan medis yang dapat diandalkan, agar kita mampu mempertahankan mental yang sehat dan aktif, menemukan kembali keindahan hidup, serta menghargai hidup sehat setiap hari.

Dengan dukungan dan peran serta dari semua pihak, kami berharap akan dapat segera mewujudkan misi kami untuk menjadikan RSUD Arifin Achmad sebagai “MENJADI RUMAH SAKIT PENDIDIKAN MANDIRI DENGAN PELAYANAN PARIPURNA YANG MEMENUHI STANDAR INTERNASIONAL”

Ucapan terimakasih disampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam membangun dan memperbaiki kinerja pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad Provinsi Riau dalam mewujudkan visi dan misinya.

Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua, amiin.

Wa’alaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Direktur RSUD Arifin Achmad,

dr. H. NUZELLY HUSNEDI, MARS

Pembina Tk. I / IV.b
NIP. 19640202 198912 1 002