Penyuluhan PKRS bersama narasumber dr. R. Melinda Veronica, Mked Sp.PD K-PTI tentang HIV / AIDS

Halo Cik Puan,

Unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menggelar penyuluhan tentang HIV – AIDS dengan menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam konsultan Penyakit Tropik Infeksi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. R. Melinda Veronica, Mked Sp.PD K-PTI kepada penunggu pasien di Gedung Irna Medikal RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

dr. R. Melinda Veronica, Mked Sp.PD K-PTI menjawab pertanyaan dari peserta penyuluhan

dr. Melinda menyampaikan HIV (Human Imunodeficiency Virus) adalah Virus yang bisa terdapat didalam tubuh manusia dan bisa menyebabkan turunnya kekebalan tubuh sehingga tubuh gagal melawan Infeksi. Jika dibiarkan HIV bisa berubah menjadi AIDS (Acquired Immune Deficency Syndrome) yaitu kumpulan beberapa gejala yang disebabkan oleh penurunan kekebalan tubuh akibat tertular HIV dari orang lain.

  

Pengertian HIV /AIDS oleh  dr. R. Melinda Veronica, Mked Sp.PD K-PTI (kiri)  dan pesan kepada masyarakat (kanan)

Virus HIV terdapat diseluruh cairan tubuh ODHIV (Orang Dengan HIV) bisa menular melalui darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. HIV dideteksi dengan pemeriksaan darah dan jika terkena HIV tidak bisa disembuhkan namun jumlah virusnya dan gejalanya bisa ditekan dengan terapi Antiretroviral yang dapat dilakukan di Poli VCT (Voluntary Counseling dan Testing) pada rumah sakit dan puskesmas terdekat.

Unit PKRS menyampaikan rangkuman dari penyuluhan tentang HIV / AIDS

Untuk menghindari resiko penularan HIV, kepada masyarakat dr. Melinda berpesan agar menjauhi seks bebas, bersikap setia pada pasangan, menggunakan kondom, hindari penggunaan narkoba suntik dan memberikan edukasi kepada pasangan maupun teman – teman tentang bahaya HIV / AIDS. Mari cegah HIV/AIDS agar keharmonisan dengan pasangan tetap terjaga, memiliki kesehatan yang optimal dan hidup lebih berkualitas.

 

Foto bersama Unit PKRS, dr. R. Melinda Veronica, Mked Sp.PD K-PTI, dan Unit Pelayanan Khusus RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

 

Salam MedikAA



Leave a reply