Sport Medicine atau kesehatan olahraga lebih identik dengan penanganan terhadap atlet. Namun keberadaannya masih minim di Indonesia.

Peluang ini akhirnya diambil oleh RSUD Arifin Achmad. RSUD rujukan terbaik di Provinsi Riau sudah memiliki dokter dan peralatan yang bermutu tinggi untuk kasus ini.

Operasi perdana yang dilakukan adalah pada pemain sepakbola dari tim lokal, PSPS. Operasi Rekonstruksi Anterior Cruciate Ligament (ACL) atau cidera ligamen lutut bagian depan itu dilaksanakan pada Sabtu (15/9/2018) lalu.

Kemudian pada hari yang sama juga dilakukan operasi kedua dan ketiga dengan kasus yang hampir sama di RSUD Arifin Achmad.

“Di Riau belum ada, baru di RSUD Arifin Achmad. Kita ingin para atlet di Riau tidak perlu lagi jauh-jauh berobat ketika mengalami cidera, terutama pada lutut,” kata Spesialis Bedah Tulang RSUD Arifin Achmad, dr. Romy Deviandri, SpOT,  M. Kes. AIFO.

“Itu operasi perdana dan langsung tiga pasien pada hari itu. Sebelumnya pasien ini akan berangkat ke Jakarta untuk melakukan operasi, setelah tahu di RSUD Arifin Achmad ada layanan ini, mereka membatalkan berobat ke Jakarta dan melakukan operasi dengan kita,” jelas dr. Romy.

Ia menjelaskan sudah melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait, seperti klub sepakbola PSPS dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau.

“Kita harapkan layanan yang diberikan RSUD Arifin Achmad ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, terutama para atlet. Karena masyarakat juga ada yang mengalami cidera seperti ini. Contoh saja pasien ketiga kita, yang merupakan karyawan swasta, tapi hobi berolahraga,” kata dr. Romy.

Ada pun alat yang digunakan dalam operasi ini adalah Arthroscope (Artroskop). Dimana bekerja melakukan pembedahan dengan sayatan kecil pada sendi.

Alat ini sangat efektif dan menghindari luka besar terhadap operasi. Lobang yang akan muncul hanya antara 2-10 melimeter. Alat ini seperti teropong yang akan melihat kerusakan pada sendi dan melakukan perbaikan. *

 

 



Leave a reply