Inovasi-inovasi yang dicetuskan jajaran manajemen RSUD Arifin Achmad tak ada habisnya. Kali ini, ada “penampakan” baru di Ruang Dahlia Irna Surgikal.
Seperti yang terpantau sejak beberapa hari terakhir, ada stiker besar berwarna kuning dan hitam di bagian lantai salah satu koridornya.
Ya, itu adalah Pit Stop / Hand Over. Tapi jangan salah dulu, ini bukan Pit Stop seperti pada lomba balapan. Tapi tempat serah terima pasien sebelum masuk ke kamar.
“Jadi ketika datang pasien dari IGD atau dari ruangan lain, kita siapkan tempat tidurnya dan dilakukan serah terima di sini. Manfaatnya sangat banyak,” kata Kepala Ruang Dahlia Irna Surgikal RSUD Arifin Achmad, Ns. Agus Salim, S.Kep.
Beberapa diantaranya tentu saja serah terima pasien berkas lebih tertib lagi. Selain itu, juga komunikasi untuk mengedukasi pasien dan keluarga pasien akan hak dan kewajiban selama di rawat mudah dilakukan.
“Kita lebih mudah mengedukasi, dan pasien atau keluarga pasien juga leluasa menanyakan apa yang mereka butuhkan,” jelas Agus Salim.
Tujuan lainnya adanya Pit Stop ini, kata Agus Salim yakni tidak membuat risih pasien lain uang sudah berada di kamar. Karena tidak bisa dipungkiri akan ada satu atau dua pasien atau keluarga pasien merasa risih ketika ada pasien baru masuk dan dilakukan serah terima di kamar.
“Itu mungkin juga akan sedikit mengganggu, karena kita melakukan serah terima berkas dan pasien di kamar, di depan pasien lainnya. Kemudian mengedukasi pasien dan keluarga pasien di kamar,” kata Agus Salim.
Ia mengaku bahwa Pit Stop ini merupakan dukungan penuh dari Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS. “Sudah ada beberapa rekan menanyakan tentang ini, Alhamdulillah disambut baik,” jelas Agus Salim.
Ia berharap agar ke depan inovasi-inovasi terus muncul dari semua unit untuk kemajuan RSUD Arifin Achmad yang lebih baik ke depan. *
Leave a reply
Leave a reply