Gedung mewah, peralatan canggih, hingga sarana dan prasarana yang lengkap tidak akan ada artinya jika tidak disertai dengan pelayanan yanh maksimal atau memuaskan.

Hal ini disampaikan Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan RSUD Arifin Achmad, M Yusuf, untuk mengingatkan seluruh pegawai dan petugas di RSUD akan pentingnya memberikan pelayanan yang baik kepada pasien.

“Memberikan pelayanan yang aman dan nyaman kepada pasien adalah tujuan utama dari semua yang kita miliki. Tidak akan ada artinya jika itu tidak kita laksanakan,” tegas Wadir.

Jika suatu kesalahan atau memberikan pelayanan yang tidak membuat pasien aman dan nyaman, pasti akan menimbulkan komplain. “Komplain ini tentunya berujung pada ketidaknyamanan. Ketidaknyamanan inilah yang harus menjadi fokus dan perhatian bersama,” kata Wadir.

Organisasi yang tidak memahami costumer perspective, kata Wadir, tidak akan mencapai suatu kemajuan. “Tidak memahami apa yang diinginkan, apa yang diharapkan pelanggannya, tidak akan pernah mencapai zero complaint,” ulang Wadir.

Nilai costumer perspective ini menjadi sangat penting bagi sebuah rumah sakit untuk mencapai zero complain. “Jadi mengurangi komplain itu harus menjadi perhatian kita bersama demi kemajuan RSUD Arifin Achmad,” jelas Wadir.

Ia mengharapkan kerjasama yang baik terus terjalin antar instalasi, unit dan seluruh bagian lainnya di RSUD Arifin Achmad, untuk mencapai tujuan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat. ***



Leave a reply